Selasa, 24 Januari 2017

lo baik gue baik, lo rese gue ......?


Sering banget denger kalimat
“gue mah orangnya gampang aja, lo baik gue baik, lo rese gue ikut rese”
Well yah emang sih rasanya terdengar adil dan seimbang. Tapi kalo menurut aku sih ya
“kamu baik aku baik, kamu rese ya aku tetep baiklah ngapain ikut rese”
Dan pasti bakalan banyak yang bilang
“sok baik lo”
“sok tegar lo”
“sok suci (a a a gue bukan ustad tak punya sayap tapi mirip malaikat) *okey itu lagu* *abaikan dalam kurung*”
“kalo lo jadi orang baik nanti lo tertindas”
“gue kasian liat lo”
“lo tuh terlalu baik”
Bla bla bla.
Terus pernah mikir ga si kalo itu adalah hal dan alasan logis buat orang dalam beriteraksi dengan sosialnya? Terus pernah ga si akhirnya percaya sama teori itu dan ikut-ikutan menjadikan semboyan “lo baik gue baik, lo rese gue rese” sebagai pedoman berbangsa dan bernegara kamu alias dalam proses sosialisasi kamu?
Aku juga. Tapi setelah dipikir lebih dalam, sadar ga si kalo semua hal yang ada di dunia ini, semua yang kamu alamin dalam hidup kamu adalh timbal balik, entah timbal balik dari perilaku kamu ke org, atau doa doa kamu atau malah doa atau sumpah serapah orang tua kamu, bahkan sampai rezeki yang kamu makan pun akan memengaruhi hidup, dan kehidupan kamu.
So, mungkin ga si kata “lo baik gue baik, lo rese gue rese” akan menjadi relevan di kehidupan kita? Coba kamu balik, “gue baik lo baik, gue rese lo rese”
Just imagine, if semua orang paling enggak satu kelas kamu aja menerapkan motto itu, gabakal ada, atau bakal susah nemu orang baik karena mereka semua nunggu untuk seseorang berbuat baik dulu kepada mereka baru mereka ikut baik atau tunggu yang lain ngeselin baru mereka merespon atau balas dendam hehe..
Sekarang pikir, semurni murninya manusia bahkan orang bejat sekalipun bakal lebih seneng sama orang baik daripada orang yang rese, jail, pembohong dsb. Jadi kalo misalkan kamu baik ke siapapun, orang itu juga bakal baik ke kamu!
Ga percaya?
Mari kita sebutkan kisah nyata nya. Ada 5 orang remaja, ada A, B, C, D, dan E si polos yang ramah ke semua orang (nama samaran). Terus mereka berlima ini lagi ngomongin si F dan G yang rese nya minta ampun ke mereka. Sementara itu si E gapernah ngerasa kalo F dan G se nyebelin itu. Dan temen-temennya nimpalin “Kamu kan orang baik E”
Jeng jeng... mikir ga sekarang? Sumpah itu kisah nyata.
Orang yang baik ke semua orang (tulus ya baiknya) pasti bakalan disukain juga sama semua orang. Biarpun ada yang benci atau sirik, bakal di basmi duluan sama orang-orang yang sayang dan respect sama dia karena kebaikan dia. Dan biarpun karena kita trlalu baik dan ditindas, itu masalah kita tegas dan punya cukup wibawa atau engga. Pun kalo ditindas mereka sendiri ini yang dosa. Kalo dimanfaatin pun kalo kita sendiri niatnya ikhlas mah tetep jadi pahala, paling yang manfaatin kita yang jadi merasa bersalah wkwk. Kalopun dia ada yang musuhin bahkan yang musuhin banyak, itu berarti ujian dari Tuhan YME dan bikin dia tambah kuat atau mau nguji dia, seberapa konsistennya dia sama kebaikkannya...
Toh guys, gak ada salahnya sumpah jadi orang baik tanpa harus dibaikin dulu sama orang, atau jadi orang baik sekalipun sama orang paling nyebelin sedunia. Dan pastinya dengan kalian menebar kebaikan tanpa pandang bulu, itu semua bakal dicatat sama malaikat, dan jadi amalan pemberat timbangan kebaikan kita di Hari Pembalasan nanti. And every seeds of kindness that you plant in one heart will be grow bigger and bigger. Kalo kamu udah gak ada lagi di dunia ini, orang orang bakal inget kamu sebagai orang baik, bahkan bisa jadi orang jahat bisa jadi baik karena kamu baikkin dia hihiww..
So let’s change to
“Lo baik Gue baik, Lo rese Ya ngapain gue rese, baik aja teruuuuuusss”
p.s : bukan untuk pencitraan tapi untuk ikut menebarkan virus kebaikan dalam persepsi saya wkwk
kisah yang saya sebutkan adalah nyata, tapi bukan kisah pribadi saya tapi dari cerita orang terdekat saya, tokohpun disamarkan dalam bentuk nama dan jumlah

Sweet? Seventeen?


Sweet? Seventeen?
Assalamualaikum kawand kawand!!
Well yah asli udh lama bange gak update, semoga gaada yg merhatiin hoho. Tapi kemarin ada yng ngirim Surat Kaleng (Pesan Rahasia gitu deh rubrik The Journalist komunitas jurnalistik online disekolah yang aku termasuk salah satu pencetusnya), bilang kangen sama blog ini. Maafin yaaa..
Banyak bangett yang mau diceritain sumpah!! Kalo kalian list nya kalian bakal bingung liatnya termasuk aku pun bingung mau nulis yag mana duluan. Karena kebanyakan ide Cuma ditulis aja gitu garis besarnya belum dikembangin dan gak sempet sempet nulis karena sibuk sekolah wkwk. Sebenernya banyakan gabutnya juga si tapi malah main hape L. Okey cerita pertama yang aku bawakan adalah :
Sweet?Seventeen?
Dari dulu gapernah namanya yang ngerayain ultah gitu . pernah si terakhir umur 5 tahun kayaknya gak ingat. Suka iri liat orang di surprisein temen-temennya pas ultah dan aku ndak pernah wkwk. Mungkin kalo kado aja yang pernah. Pas aku ultah lagi hari minggu dan tidak ada satu orang yang datang, tapi ada satu orang yang ngerjain asem bgt, gini Chatnya :
“Tahl gue didepan nih”
“apaan si bang orang gaada”
“udah diliat belum?”
“udah beneran”
“rumah lu dimana si?”
“bintara ******”
“ohh salah berarti, lain kali ya”
“iya bang”
“happy milad ya tah ....*wish*”
Kurang lebih begitulah percakapan dengan si Bang Piba ini.
Kakak Ziany sama Mbak Aski pergi keluar pas aku lagi nyuci piring. Katanya sih mau nge print. Eh pas balik kok lewat pintu depan tumben biasanya lewat pintu belakang aku pikir gitu pas lagi nyuci piring. Eh pas kelar nyuci tau tau ada kue di ruang tamu uww pada nyanyi deeh.. pada foto-foto deh.. pada makan kue dehh.. ku senang sekali.
Hari jumat pulang sekolah tanggal 5 Agustus abis nyuci piring aku diajak kak Ziany nemenin dia beli tempered glass sama nge-print (alasan nya nge print muluu yak wkwk). Tapi pas pulang ni orang biasanya ngebut tapi ini jalan lamaaaa bgt kayak keong. Mana sempet berhenti di jalan lagi gatau apa tujuannya. Terus kan aku masuk rumah, masuk kamar mau buka jilbab ehh ditahan sama kakak ditarik keatas.terus ditinggalin. Tiba-tiba muncul Vindi, Astri, Teteh, Abror teriak-teriak nyanyi lagu Happy Birthday sambil bawa balon. Terus kan ko tutupan pintu balkonnya, mana gelap bgt mau maghrib kan, mana gerah bgt. Yaudah aku buka pintu balkon dan dibalik jemuran munculah lilin lilin gemerlapan dibawa Kodip sama Hesti, Bang Fika, sama Bang Piba. Ada strawberry nya banyak di kue nya!!!! Itu adalah hal yang kusukai sangat!! Wkwk. Dan kita foto-foto, makan seblak bikinan kakak, ngobrol-ngobrol, menenangkan Abang Abror yang tengah frustasi karena besok ada prokernya wkwkwk, lalu mereka pulang meninggalkan aku yang sangat gembira dengan kejutan ini. But, yang terpenting dari segalanya adalah aku bersyukur bgt bisa sampe umur 17, bisa dapet KTP kwkw, ada banyak orang yang sayang sama aku, yang doain aku, ada keluarga yang support aku, ada berbagai pengalaman yang menakjubkan selama 17 tahun ini terutama pas masuk SMA. Aku bahagia dan bangga akan itu semua. Aku harap semua doa doa yang mereka panjatkan terkabul dan aku bisa jadi orang yang lebih baik untuk menggapai cita-cita aku di masa depan J
Kalo kamu? Gimana sweet seventeen kamu?

p.s : foto menyusul karena signal tak mendukung :(

Rabu, 13 Juli 2016

Ter untuk.....

Dear Kader ....
I write this for you para penerusku hehe. Seneng dan sedih rasanya dikit lagi bakal ngelepas kalian didepan pintu gerbang perjuangan menjadi pengurus OSIS&MPK yang yaa you know lah penuh suka duka dan naik turun hehe. But it’s okey itu bakalan seru banget dan penuh makna. Dek.. ternyata gini ya punya kader, berasa punya anak wkwk. Aku mikirin kalian, ngurusuin kalian, berdoa untuk kalian. Kalo kalian susah aku sedih, kalo kalian sukses aku seneng. Dan kalian bakal ngerasain ini juga nantinya. Dek, aku sangat amat tidak ingin kalian jatuh, jadi aku mau kasih nasihat atau wejangan atau apalah namanya. Ini hasil dari pengalaman dan ilmu yang aku dapat, berdasarkan kelebihan organisasi yang pernah aku geluti dan aku pengen kalian lakuin juga, dan berdasarkan kelemahan/kesalahan organisasi yang aku geluti dan aku gamau kalian jatuh juga pada lubang yang sama. So, enjoy!!
1.       `Hold Tighter to Your religion
Pertama yang harus kalian ingat dalam setiap memulai sesuatu adalah Tuhan. Niatkan segalanya karena Allah, jangan lupa baca basmalah dan berdoa agar diberi kelancaran. Tanpa Dia kalian semua gabisa apa-apa. Dia Maha kuasa atas segala sesuatu. Dan setelah melakukan kegiatan jangan lupa bersyukur dan minta ampun khawatir saat berlangsungnya kegiatan kalian melakukan perbuatan dosa yang kalian sadari atau tidak. Ridho Allah atau Berkat Tuhan itu penting banget. It will give you spirit yang luar biasa!! Apalagi dek kalo kalian punya masalah. Agama adalah solusi pertama, dan terakhir buat kalian. Setiap punya masalah curhat dulu sama Allah baru deh curhat ke orang dan berdoa lagi supaya masalah bisa selesai. Ingat, Dia Maha Mendengar, Maha mengabulkan permintaan, dan Maha Mengatur. Agama gaboleh lepas dari kehidupan berorganisasi kamu dek J
2.       Set up positive Mindset!
Atur mindset di masing-masing kepala kalian kalo OSIS tuh ganyusahin, gangeribetin. Emang sih perjalanan menjadi pengurus OSIS ini bakal melewati pahit getir, bakal menempa hidup kalian, bahkan dapat mengubah kalian. Tapi hati-hati dek, kalo gagal atau kalian terpengaruh sama hal negatif, ga tahan banting, atau ga kuat terkena serangan stress, it will change you to be a worse person. Tapi kalo kalian punya mindset yang positif misalnya menganggap ini menyenangkan, seru, semua masalah akan ada solusinya, penuh dengan moral value, menjalankannya dengan hati yang senang, dan berbagai pikiran positif lainnya serta berpegang teguh pada keyakinan dan agama kalian, it will change ypu to be a better person. This is your choice, wanna be a worse person set up negative mindset. Wanna be a better person set up positive mindset. Be a positive sih seharusnya....
3.       Cintailah orang tua
Cintailah orang tua dan keluarga kalian. Porsinya harus lebih besar dari cinta kepada hal duniawi lainnya. Berikan pada mereka cinta yang berkualitas. Memang nantinya waktu kalian bakal banyak tersedot untuk urusan OSIS. Bahkan terkadang intensitas kalian bersama keluarga, sahabat, temen atau mungkin pacar bisa berkurang. Nah, untuk mengganti intensitas yang berkurang itu kalian harus memberikan waktu dan cinta yang berkualitas setiap ada kesempatan bersama keluarga kamu. Keep in touch with your family!! Jangan malah dirumah kalian jadi masa bodoh atau acuh tak acuh sama orang rumah. Sejam dua jam tinggalin handphone, lupain urusan yang lain dulu, samperin Ayah, Ibu, Adek, Kakak, terus ajak ngobrol, bercanda, curhat, main, atau sekedar nonton TV bareng mereka. Atau pas kalian lagi jalan sama mereka biarkan dunia serasa milik kamu dan keluarga kamu hehe.. Atau bisa bantuin Mama beresin rumah, bantu Mama masak dsb. Oiya jangan sampe bikin Mama marah ya dek. Nurut aja sama Mama atau kalo Mama berbeda pandangan atau pendapat dengan kamu sampaikan kesalahpahaman itu dengan baik. Karena dengan berorganisasi harusnya kamu lebih sopan dan santun kepada orang tua apalagi sama Mama, Papa.  
4.       Kekeluargaan dan kekompakkan yang solid
Ini penting buat bangun organisasi kalian. Kalo mau keren dan sukses, harus kuat dulu dalemnya kalian. Kalo kalian rapuh, gakompak, kerja gabakal bagus atau gabakal enak dek. Ini adalah hal mudah tapi suka dianggap susah. Caranya gampang banget. Mulai dari sering main ke RO, bercanda bareng-bareng, curhat tentang apapun ke Dravore, deket sesama partner, sering jalan bareng, belajar bareng, selalu jujur dan ganutupin sesuatu, anggap kalian adalah keluarga. Peka dek, kalo temen kalian ada yang keliatan sedih atau gimana tanya kenapa, dan bantu dia kasih solusi atau sekedar menghibur. Dek, kalo ada temennya yang salah bukan dijatuhin atau dijauhin ya. Terima kesalahan dia, kasih kesempatan untuk berubah. Rangkul dia dan nasihati dia. Apresiasi temen kalian yang melakukan sesuatu yang besar atau yang mendapat prestasi. Ingin di apresiasi atas prestasi atau kerja kerasnya adalah salah satu kebutuh psikologis manusia. Jangan lupa saling menghargai satu sama lain, ga egois, ga mau menang sendiri, berjiwa besar, musyawarah untuk mufakat. Menyatukan 27 pikiran menjadi satu visi. Bakalan ada masa sulit. Ketika kesulitan itu datang jangan malah mencar dan mencari kambing hitam. Justru disitu kalian makin saling merangkul dan saling menguatkan, saling berbenah, menyelesaikan dengan kekeluargaan dan baik. MPK nya gaboleh segan untuk menegur siapa yang salah. Tapi caranya kalian ngajak ngobrol orang itu dan nasihatin dia ketika dia sendiri bukan di forum, bukan di keramaian. Saling percaya dan saling mencintai satu sama lain.  Dan satu hal lagi  MPK, dan BPH lah yang paling bertanggung jawab menjaga kekeluargaan dan kesolidan temen temennya, karena kalian lah ‘setirnya’. Semangat!!
5.       Jangan lupakan koordinasi dan komunikasi
Penting banget buat kalian. Koordinasi nya harus sering dan satu. Semua hal harus terarah dan terkoordinir. Ketua OSIS ataupun Ketua pelaksana adalah kepala atau pengarahnya. Koordinasi disampaikan saat rapat atau forum. Semuanya dikasih tau secara mendetail supaya gaada yang kebingungan. Jangan lupa koordinasi juga sama pembina supaya kalian tau apa mau pembina dan pembina tau apa mau kalian. Oiya dek terkadang pembina bisa jadi bertentangan, ujung-ujungnya beliau ngasih konsep lain. Jangan langsung kalian bantah atau kalian turutin. Kalo emang bertentangan banget dengan apa yang kalian mau coba omongin baik baik ke pembina kasih argumen yang tepat dengan cara yang sopan untuk mematahkan argumen pembina. Nekat itu terkadang diperlukan, tapi untuk hal yang positif. Dan komunikasi yang baik dan efektif juga sangat amat penting. Kalian harus liat siapa lawan bicara kalian, apa karakternya, jadi kalian bisa berkomunikasi dengan lawan bicara kalian dengan cara yang nyaman. Jangan sampe ada yang namanya miss communication. Sering sering ngobrol dan sering nanya dah supaya miss communication bisa dikurangi
6.       It’s not all about money but almost everything need money

Seorang oragnisatoris kayak kalian harus punya dana untuk memfasilitasi dan mendukung kegiatan kalian. Bayangin aja, kalian punya kewajiban bayar kas but you don’t have enough money. Yang ada kas kalian nunggak dan membengkak malah pusing bayarnya gimana. Atau gini, kalian pengen ngadain acara, hari guru misalnya terus dana nya masih kurang dan acara h-1. Pilihan terakhir adalah kalian yang berusaha mengeluarkan uang dari kocek kalian sendiri. Nah lho baru engeh kan pentingnya duit di kehidupan organisasi wkwk. Caranya mudah! Nabung, tiap ada uang jajan dari ortu jangan kalian belanjain semua, jangan beli barang yang gapenting. Tapi kalian gamungkin minta terus terusan sama ortu kan dan uang jajan kalian pasti terbatas. Nah, kalian bisa sambilan bisnis, alias dagang apa gituu kecil kecilan. Misal jualan makanan ringan dikelas, jualan online atau yang lainnya.

Ter untuk.... chapter 2

7.       Kalian bukan babu
      Kalian bukan babu adikku sayang. Kalian punya harga diri dan bahkan punya jabatan di sekolah ini. But, yes kalian melakukan pekerjaan seperti babu misal beresin sekolah dan lain-lain. Tapi ini adalah bagian dari pekerjaan dan tanggung jawab kalian. Kalo gamau dibilang babu padahal kalian melakukan pekerjaan kayak babu caranya adalh bekerjalah secara elegan. Tunjukkin pada perilaku sehari-hari kalian kalo kalian tuh baik dan total dalam melakukan segala sesuatu, dan kalian pekerja keras. Kalo kalian baik, pekerja keras orang orang bukan neriakin kalian babu tapi kalian malah menarik simpati mereka karena kerajinan kalian hehehe...
8.       Sekolah dan OSIS (Belajar adalah kewajiban, OSIS adalah tanggung jawab)
       Dua hal ini harus berjalan seiringan. Gaada yang didahulukan gaada yang ditinggal. Emang sih prakteknya susah tapi aku udah ngejalanin kok. Pinter pinter kalian curi waktu dan bagi waktu. Dan ketika kalian sedang belajar kalian fokus supaya bisa menyerap pelajaran sebanyak-banyaknya. Pas lagi ngurusin OSIS kalian juga total. Inget waktu yang berkualitas. Ceburin diri kalian sedalem-dalemnya dalam pelajaran ketika belajar, ketika ngurusin OSIS, bahkan ketika main bareng sahabat kalian. Dek, jadi pengurus OSIS jangan sampe bikin prestasi akademik kalian turun yah, justru harusnya stabil malah naik. Pengurus OSIS tuh biasanya bakal lebih deket sama guru, nah disitulah kalian bisa menarik hati guru supaya bisa baik sama kalian. Tapi bukan menjilat yah hehe. Nih buat MPK atau BPH nya adain program belajar bareng. Sangat baik!!
9.       Jangan terpengaruh
      Dek jangan terpengaruh sama orang lain. Diluar sana itu banyak banget godaan, ada yang ngajakin inilah, itulah, macem macem kebandelannya. Yang ngajak mulai dari temen sendiri, temen orang, kakak kelas, adek kelas, so jangan terpancing!! Kalo ada godaan ke arah yang negatif pegangan lagi sama temen kalian yang orang bener, pegangan sama Dravore lain supaya gakebawa arus yang memisahkan kalian dan agar kalian tidak terjerumus ke hal-hal yang negatif karena godaan para durjana itu wkwk. Ingat yaa Kalian pionir sekolah, Kalian adalah barisan terdepan dari lebih dari 700 orang. Kalo depannya jelek belakangnya apa kabar??  Jangan karena orang melakukan kesalahan, melanggar peraturan kalian jadi pengen ikutan. Misal, “dia aja pake rok amanda, masa gue engga”  Kalo orang jelek jangan mau ikutan jelek. Justru kalo ada orang yang melanggar peraturan atau melakukan kesalahan atau apalah kalian jadi bertekad buat lebih baik dari dia, dan malah ngajakin orang yang salah itu untuk berbuat baik. JANGAN MARAH KALAU DITEGUR KARENA KESALAHAN KALIAN! Ini sering banget deh kejadian di anak SMA yang menurut aku belum matang dalam emosi, ya emang kalo dimarahin atau ditegur pasti keesel kan, mau itu ditegur sama kepsek, guru, pembina, temen, MPK, BPH dsb. Apalagi ditegur pas kita lagi capek banget, atau dimarahin atas hal yang ga kita lakuin. Atau pas kita salah kita dimarahin pas ada temen lain yang salah ga dimarahin. NAH LHO! Kesel kan pasti? Bete kan? Keki kan? NO NO kalian adalah pribadi pribadi yang tangguh dan dewasa. Kalau kalian salah terus ada yang negur kalian atau marahin kalian disitu bukan kalian malah berkelit tapi merenung, sadar, selanjutnya bersyukur masih ada yang sayang dan peduli sama kamu dan gamau kamu ngulangin kesalahan yang sama. Orang marahin atau negur itu pasti karena sayang dan peduli kan? Karena dia gamau kita salah, cacat, ngulangin kesalahan yang sama dan gamau kita bermasalah. Kalau udah ditegur gitu jadi inget kan harus apa seharusnya NAH kamu bisa jadi orang yang lebih baik lagi deh. Kalo orang lain gadimarahin kamu dimarahin berarti Tuhan dan orang itu lebih sayang sama kamu karena kamu secepatnya disadarkan sementara orang itu dibiarkan lalai. Kalo lagi capek dimarahin yaudah sabar aja anggep aja itu khutbah yang menenangkan jangan bawa emosi makanya dengerinnya, atau komunikasikan baik baik “Aku lagi capek banget, kita bicara nanti ya, mau istirahat sebentar, nanti aku dengerin kamu mau ngomong apa.” Kalo kalian diomelin atas hal yang ga kalian lakuin caranya biarin orang itu ngomong tapi gausah terlalu didengarkan kalo terlalu nyakitin. Selanjutnya kalo kamu yakin bisa jelasin tanpa menyulut emosi nya jelasin ke dia yang sebenarnya denga lembut jadi biar dia tau kamu gasalah. Kalo gabisa yaa yaudah tinggalin aja sambil berdoa semoga dia sabar dan cepat sadar kalo itu bukan kesalahan kamu, dan kamu juga harus buktiin kalo kamu tuh ga seperti apa yang dia katakan. Tapi kadang dimarahin, diomelin apalagi dengan bahasa yang nyakitin tuh gaenak dan cukup bikin stress juga kan yaa.. Yaudah kamu nangis aja. Nangis sendirian dikamar atau di RO bareng yang lain wkwk. Nangis sambil merenung, sambil nyatuin tekad untuk lebih baik biar gadiomelin lagi, sambil mikir, sambil berdoa ssupaya diberi ketabahan dan jalan keluar, nangis sambil sholat malem gitu. Crying is natural response to pain –Baymax- Ya tapi jangan cengeng juga wkwk. Kalian pasti kuat !!
10.       Maa qoola, laa man qoola (Lihatlah apa yang dibicarakan bukan siapa yang berbicara)
      Artinya kalian bisa belajar dari mana aja, siapapun itu mau anak bayi, napi, pencuri, guru, ustad, temen, dan semua orang di dunia ini bisa ngasih kalian nasihat atau sesuatu yang baik. Jangan mentang-mentang dia adik kelas yang menurut kalian gatau apa-apa jadi gamau kalian dengerin sarannya. Lihat apa yang dibicarakan orang orang. Serap sebanyak-banyaknya hal positif. Belajar dan terus belajar. Belajar dari siapapun dan belajar dari manapun. Kalian bisa belajar loyal dari Paskibra We Young Sega, kedisiplinan anak Saman BYCR, mencontoh religiusnya anak Rohis Al-Ashr dan Rokris dan Rohkat, Basket dapat mengajarkan kalian ketegaran, semangatnya anak-anak Handball patut ditiru, kekeluargaan Futsal Sega yang lengket banget bisa kalian ikutin, dan masih banyak lagi kebaikan yang ada pada eskul-eskul yang kalian bawahi. Supaya apa belajar dari mereka? Supaya kalian lebih unggul dan kalian bakalan salut dan respect sama mereka dan bakal ngedukung mereka sepenuhnya. Belajar, belajar, dan amalkan.
11.       Jaga hubungan baik dengan siapapun
       Relationship is very important! Hubungan yang luas dan baik sama semua orang terutama seluruh warga sekolah dapat membantu kalian melaksanakan proker. Habluminannas alias hubungan dengan sesama manusia tuh deket, kepekaan dan kepedulian sosial tuh tinggi dek. Jangan malah kalian musuhin orang-orang hehe. Berbuat baik sama siapapun dan kapanpun. Kenapa? Karena apa yang kalian tanam itu yang kalian tuai. Kalo kalian nanem kebaikan pasti kalian panen kebaikan. Kalo kalian baik, otomatis ketika kalian pengen ngadain sesuatu pasti banyak yang dukung dan bantu. Dan apabila kalian kesal atau iri sama sesuatu, sesorang, sekelompok atau apalah itu, balaslah dengan kebaikan dan prestasi. Success is the best way to pay revenge!! Nih ya Rasululullah aja ngebales orang yang jahat sama beliau dengan kebaikan bahkan ada seorang nenek yang sangat membenci beliau dan beliau bales dengan apa? Beliau rawat, beliau suapin dengan lembut. So, WOW, Rasul aja gitu masa kita umatnya gaada apa-apanya pendendam wkwk. Jadi bikin orang yang slek sama kalian itu ceming karena kebaikan dan prestasi kalian.
12.       Kesombongan itu menghancurkan
      Jangan ada rasa sombong sedikitpun didalam dada kalian. Sombong, angkuh dan segala konco-konconya adalah penghancur. Karena dengan sombong atau angkuh karakter kalian bakal kacau, orang juga gabakal suka sama orang yang sombong. Tapi dek rasa bangga itu perlu, wibawa itu perlu, ketegasan itu perlu. Jadi tau kan harus gimana? Kuncinya jangan berlebihan aja sama jaga perasaan banyak-banyak inget Tuhan deh banyak dzikir dan syukur hehe..
13.       The key
      Salah satu dari berbagai kunci diatas adalah Visi yang jelas, Ambisi yang kuat, Aksi yang nyata, doa selalu turut serta. Kalo kalian punya visi atau tujuan yang jelas, dan kalian betul betul ingin atau berambisi mencapai tujuan pasti kalian bakalan beraksi nyata supaya tujuan kalian tercapai dan jangan lupa doa yang selalu ada dalam tiap langkah.
                Itulah yang pengen aku sampein ke kalian para penerus perjuangan. Maaf ya panjang. Aku nulis ini bukannya aku ngerasa paling bener atau apa, sekali lagi ini berdasarkan pengalaman dan pengetahuan aku aja. Ada lho hal yang aku tulis diatas yang berasal dari kesalahan aku dan aku sadarin gaboleh gitu dan aku gamau kalian juga kayak gitu hehe. Terserah deh kalian mau baca baik-baik apa enggak, mau di praktekin apa enggak, mau diambil satu atau dua poin aja nasihatnya hehe. Intinya aku sayang kalian, dan aku pengen kalian lebih baik dari aku. Semangat dan Sukses!!! BIG LOVE!!!!

                                                                                                                                      -Tahlia Latifah-

CASTLE part 3

22. M. Mumtaz Hidayatullah
Mumtaz yang biasa tahlia panggil Mumu ini adlah sekbid 7 nya kita. Doyan futsal yahh, terus Mumu itu sebenernya baik tapi suka nyebelin kadang wkwk tapi baik kokk. Terus kalo udah prokernya dia gila dia bakal jadi serius bangett. Terus Mumu ini pinterr, jago ngomong jugaa heheheee keep up the good work bro!
23. Ulan Aprilisda Yanti
Ulan atau yang biasa kita sebut psikopat ini adalah partnernya Mumtazz. Ulan ya ampun Ulan itu alim banget, anak rohis banget lah, terus dia tuh tulus, baik, garing, kocak, temen suka duka bersama karena kita punya suatu misi rahasia bersama wkwkwk. Terus Ulan juga cantik, baik bangeet aaaa anak sholehah, tapi kadang dia suka gajelas gitu wkwk makanya sering kita sebut Psikopat wkwk terus sering kita jadiin bahan bullyan wkwk tapi cuma mainan kokk. yang jelas sih aku sayang bangett sama Ulaannn
24. Danu Krisnadi Sampurna
Danu yang selalu berkata "aduh Danu bingung" ketika memulai atau diberi tugas melakukan sesuatu tapi hasilnya selalu warbyasah gaada keliatan hasil kerja orang bingung banget ini adalah Sekbid 8 yang kreatif aktif dan inovatif. Danu itu tinggi menjulaangg, terus manis kayak gula jawa wkwk, terus Danu kalo ngerjain apa apa tuh niat. Danu tangannya pengen aku copot terus ganti tangan ke aku soalnya aduh itu tangan bisa menghasilkan karya karya yang kece parah gitu bingung tahlia kenapa :(
25. Ismi Nadhilah
Ismi alias Dhila alias Teteh ini juga sekbid 8 yang tangannya Masya Alla sangat kreatif selalu menghasilkan karya yang warbyasah. Lagi iseng lagi gabut asal ada pulpen dan kertas dia bisa bikin coret coretan yang amazing.. Terus juga Teteh cantik banget kayak model, terus Teteh pinterr gangerti lagi kenapa ini sekbid 8 isinya bocah pinter sama bertangan trampil semua yaa ya Allah. Teteh pipinya duh ya Allah sangat lembut seperti marshmallow. Dan juga teteh ini bawel tapi lucuu, tapi seru, tapi baik, ah udahlah Tahlia sayang Teteh bgtbgtbgt
26. Jilan Safitri
Jilan ini adalah sekbid 8 jugaa. Makanya dia juga kreatif parah terus tangannya juga sama pengen tahlia copot terus otaknya juga pinter banget gangerti lagi terus manis banget gangerti lagi TERUS JILAN KELIATANNYA DIEM YAA DIEM TERNYATA BILA KAMU TELAH DEKAT WAH WAH WAH DIEM WAH. okey bye capslock jebol :") Dah ku sayang jilan sangadhh Etapi menurut tahlia sekbid 8 ini memiliki komposisi yang unik dimana Teteh sebagai otaknya yang mengalirkan ide-ide brilian dan Jilan adalah hati yang mempertimbangkan baik buruknya lalu Danu adalah tangannya..
27. Ilham Nur Haryadi
Ilham atau yang lebih sering kita sebut Edoy ini adalah sekbid 9 nya CASTLE yang bersama dengan Putra menciptakan banner yang kece buat acara kita dan mendokumentasikan juga mempublikasikan ke medsos heheee. Edoy salah satu fans Warjay ini sering aku jadiin konsultan yang berhubungan dengan komputer gituu wkwk. Edoy baiikk, berkacamata, unik, dan seruu hehehe.
28. M. Putra Daulat
Putra alias Aceng alias Mput alias Dewa alias gatau lagi dia banyak banget namanya :( Putra alias aceng alias dewa ini orangnya baik, suka berbagi hotspot wkwkwwkkw, antara misterius dan unik sama kayak partnernya wkwwk, terus imajinatif wkwkkw bahasa nya tuh suka lucu gitu khas lah wkwwk..
29. Chika Salsabilla
Chika alias Chiki alias Cicak wkwk. Cewek behelan yang jago banget bahasa inggris ini adalah sekbid 10 kitaaa. Chika itu baikk banget saking baiknya dia suka gaenakan wkwwk dikit2 "tah aku gaenak tapi, kamu yang ngomong ya" wkwk gapapa chik. Terus Chika jago main alat musik seperti gitar dan keyboard dan dia suka ngiringin padus pas upacara, terus juga suka tampil akustikan sama Bang Pika, Hubert, Hesti, sama si Kindi dan penampilan mereka selalu enak dilihat dan didengar hehehe. Terus Chika cantik, pinter, teman suka duka membangun The Journalist bersamaa, teman suka duka belajar bahasa jerman bersama wkwk, ah udahlah Chika mah teman suka duka bangett sayang chikaaaa
30. Wina Kurnia Fitri Salsabila
Wina ini partnernya Chikaa. Kalo Chika jago bahasa inggris, Wina ini jago bahasa jepang, terus jago nari nari jepang, terus jago nyanyi nyanyi jepang suaranya juga bagus hehehee, Wina tinggiiiiii pake kacamata, terus Wna itu juga unikk, baik, pinter dan suka matematikaa hehehee..

Minggu, 12 Juni 2016

CASTLE part 2

11. Taufiq Adrian
Taufiq alias Opik, alias Zayn Malik wkwkwk. Si ganteng ini adalah sekbid 1 CASTLE bidang agama Islam. Doi doyan banget ngingetin kita buat sholat. Terus dia ini tempat nongkrongnya di sekret rohis. Suaranya bagus kalo adzan dan iqomah hehe senangg mendengarnya. Orang kayaknya gaada yang bisa marah sama dia dah. Nih udah kesel kesel yaa udah nyiapin bahan kalo ada orangnya pengen diomelin, tapi pas udah ketemu orangnya asli ngakak, senyum, sumpah dah paling gakuat ngomel sama Taufiq. Kenapa muka Topik lucu banget si pikk?? why pik why?? Bye!
12. Cahyani Putri Pangestu
Cahyaniiiii... dia baru punya dede bayii namanuya Azalea uuu unyuuwww. Cahyani adalah sekbid 2 kita. Gendut, pake kacamata, putih, unyu daaah. Kpopers sama suka dengan Jepang jepang gituu. Cahyani strong parah gilaaa!!! kamu harus mengenalnya lebih dekat dan kamu akan tau seberapa kuatnya dia. My wonder women!!
13. Fadilah Khairama
Ramaaa anak bundaaa wkwwk. Jadi di CASTLE Diana dan Edoy menikah, lalu memiliki anak yaitu Ina sebagai kakak dan Rama sebagai adik. Lalu Edoy menikah lagi dengan aku wkwkwk. Jadilah aku bunda nya Rama wkwk. Rama kang ojekk. Lagian kalo pulang suka sulit ditemukan dan ternyata sudah keluar sekolah mengantarkan orang-orang. Sungguh mulia kan kesehariannya. Rama pelanggan setia warjay wkwk. Jadi kalo Rama dkk pergi ke warjay pada musti nitip wkwk. Tablet Rama adalah tab penyedia kesenangan dan membunuh kegabutan di RO. Kita pake buat apa? Buat main Pou wkwk.Dah Rama kesayangan banget dahh
14. Pradipta Naufal Faris
Dia sudah terlalu sering diceritakan di blog ini, males ah bahasnya, BYE! 
hehehe canda deng. Dipta alias Dipa alias Ita alias Dipoy adalah pengurus OSIS CASTLE dengan jabatan Sekbid 3. Karena dia membawahi kepramukaan, Dipta ini juga Pradana alias Ketu eskul Pramuka disekolah. Terus bocah yang satu ini rese parah, suka moody gitu, jutek, dingin, kejam, garing dsb. Satu-satunya kelebihan dia adalah laptopnya yang selalu berguna bagi masyarakat. Wkwkwk gadeng bohong, kelebihan dia yaitu dia logis bgt, terus dia tuh megang prinsipnya bgt, bertanggung jawab dan talk less do more. Dia juga diem diem suka punya ide brilian hmm....
15. Rachmania Aurel Yulianti
Rachma cantiikkk. Rachma ini partnernya Dipta dan dia di ambalan pramuka sebagai Juru Adat. Rachma itu lucu, baik, ramah, ceria, tegar. Kalo kerkel di rumah Rachma bakalan terjamin hehehe, Mamanya baik bgt selalu masak yang enak-enak wkwk makasih Mama Rachmaa. Terus kalo lagi acara di sekolah apalagi yang nginep kayak LDKS atau PO kita bakalan dapet pasokan makanan dari orang tua yang baik hati, salah satunya Mama nya Rachma. Sayang Rachmaaaa
16. Diana Puspitaningtyas
Diana istri tua saingan akuuu. Dia baik banget aslii. Lembut tapi tegas gituu. Perasa, peka, keibuan dan cantikk. Ini salah satu yang diam tapi emas. Jadi diam diam memiliki sesuatu yang brilian, Aktif banget sama PMR nyaa. Waktu itu Diana satu kelompok sama aku pas LDKS jadi dari awal jadi kader kita sering menangis bersama sampe jadi pengurus OSIS hehehee. Kesayangan Ina wkwk. Dan satu hal lagi Diana sama Irfan partnernya sangat amat kompak dan so sweeeeettttttt.
17. Irfan Abdul Malik
Pandul, Bedul apalah yang belakangnya Dul wkwk. Dia yang rumahnya sangat dekat dengan sekolah tapi tiap hari bawa motor -__- Dia bersama dengan Rama dan Putra adalah pelanggan dan penggemar setia Warjay, Dia adalah Sekbid 4 bersama dengan Diana yang memiliki ke-so-sweet-an yang tiada tara.
18. Adinda Savira Frisky
Adiiiinnn. Rumahnya di Harbar dan pas jaman masih jadi kader kita pada demen banget kerkel dirumah dia hehe. Dan yang tidak terlupakan adalah kerkel nametag PO sampe jam 11 malem lewat wkwkwk. Adin itu baik, selalu bersemangat, pinterr. Adin ini adalah ibunya para kader wkwk Dia adalah Sekbid 5... Sayaang adiinn
19. Aktinaria
Sekbid 5 jugaa nii si Ina. Istri nya Dimas wkwk. Ina tuh amat perasa, baik banget, pinter, terus sstt ni anak tuh kayak intel tau ga diem diem tau banyak rahasia ckck. dan percakapan yang sering terjadi diantara kita adalah "eh lo tau gak?" "kenapa Na?" "ga deh gajadi" "kenapa ihhh?" "ga kok gapapa" "Ina tuh kan bikin penasaran" "enggak nanti ada yang tersakiti" atau "enggak gue gatau bener apa enggak" atau alasan alasan lain intinya dia gamau nerusin omongannya dan sudah terlanjur bikin kepo :( biarpun begitu aku tetap sayang Inaaaaa
20. Danti Olivia
Danti ini adalah serupa tapi tak sama dengan Vani. Mirip kayak anak kembar apalagi kalo dari belakang. Danti itu adalah sekbid 6 kitaaa. Dia rumahnya jaaaaaaaaaaauuuuuuuuuuhhhhhh sekali. Tapi hebat kan dia masih bisa sekolah dengan baik dan berorganisasi dengan baik mancayy. Terus Danti itu baiikk, maniisss duh nanti aku diabetes liatin kamu terus. Dia #Jomblosampaihalal wkwkwk
21. Eka Dimah

Eka, partnernya Danti di Sekbid 6. Sibuk pisan euy kelas 11 ini dispen terus lomba sana sini. Tapi selalu membawa nama baik SMAN 103 pastinyaa. Pinter bangeeetttt asliii yaaa ampuunnnnn. Perwakilan sekolah kebumian OSN sampe tingkat Provinsi. Atlet jugaa jago banget olahraga, mau basket, handball, futsal, catur, macem macem dahh. Pinter MTK pulaaa. Terus dia kidal terus lucu kalo lagi nulis bukunya miring almos 90 derajat. Terus Eka cantiikk.. Eka mah temen suka duka Seni Musik pas kelas 10 banget daaahh.. Sayaaanggg Ekaaaaaaaa

Sabtu, 11 Juni 2016

Quotes.....

sudah lama tak posting apa-apa. hehe maaf yaaa, yang describe CASTLE juga belummm.. biasa sibuk bgt :( nah kan liburan nihh, jadi bisa sering-sering nge blog deh hehe.. Sekarang aku mau kasih kallilan quotes  yang aku bikin dan emang ini sekalian curhat lah yaa gitu wkwk, semoga suka yaa :)

"Kecewa adalah perasaan sakit di hati ketika apa yang kau harapkan, kau impikan, kau pikirkan, kau idamkan, kau dambakan tidak berjalan sesuai kenyataan. Terimakasih kepadamu yang telah mengajarkannya" -Tahlia L

"if something unusual goes to your daily life, you should ask why? and find the reasons, so you will know the truth and you can fix that problem or you will understand" -Tahlia L

"Biarlah begitu. Biar kau yang atur. Terserah apa maumu, aku hanya mengikuti permainanmu hingga kau lelah dan sadar sendiri. Tapi doakan aku agar tidak pernah lelah menjalani hubungan yang tak kuharapkan jalan ceritanya. Agar aku tak pernah lelah menyesuaikan gerak langkahmu. Agar aku tak penat menantimu sadar atas kejanggalan yang terjadi diantara kita. Dan selama permainan belum selesai, akan kubiarkan semuanya mengalir dan apapun yang terjadi, terjadilah.." -Tahlia L-